Menonaktifkan Petunjuk Charms Bar pada Windows 8

Diposting oleh Unknown on Selasa, 06 November 2012

Fitur terbaru di Windows 8 adalah “Charms Bar“, yang mirip dengan fitur dock pada Mac OS X dan akan muncul secara otomatis pada layar begitu Anda menggerakkan mouse ke ujung kanan atas atau kanan bawah layar. Fungsinya untuk menyediakan akses cepat ke lima komponen sistem berikut: Search, Share, Start Screen, Devices, dan Settings. Shortcut untuk Charms Bar dapat diakses dengan menekan tombol keyboard “Win+C“. Fitur ini berguna untuk mengakses beberapa komponen penting pada Windows, namun bagi beberapa pengguna fitur ini dianggap cukup mengesalkan, terutama pada saat memindahkan kursor mouse ke pojok kanan atas untuk menutup jendela, seketika itu juga Charms Bar muncul otomatis.
Untuk mengatasi masalah ini, kali ini saya berikan trik mengubah registry untuk mematikan petunjuk Charms Bar (harap diperhatikan, tutorial ini bukan untuk menonaktifkan secara total fitur Charms Bar). Dengan tutorial ini, Anda tidak akan mendapatkan Charms Bar secara tidak sengaja lagi pada layar monitor, hanya saat Anda menginginkannya saja. Hal ini terjadi jika Anda menggerakkan kursor mouse ke pojok kanan atas lalu memindahkannya ke arah bawah sepanjang ujung kanan layar (begitu juga sebaliknya dari  pojok kanan bawah layar lalu dipindahkan ke arah atas).
1. Tekanlah kombinasi tombol Win+R untuk meluncurkan kotak dialog Run. Ketik regedit dan tekan Enter.
2. Masuk ke kunci berikut:
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\
3. Di bawah kunci ImmersiveShell, jika belum ada, buatlah kunci baru bernama EdgeUI.
4. Pilih kunci EdgeUI tadi, lalu pada panel sebelah kanan, pilih kunci DWORD baru bernamaDisableCharmsHint, dan aturlah nilainya menjadi 1.
Trik ini akan langsung aktif tanpa perlu me-restart atau log off komputer Anda. Jika Anda ingin menyalakan petunjuk fitur Charms Bar lagi, hapus kunci DWORD DisableCharmsHint, atau atur nilainya kembali menjadi 0.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Please For Comment to my blog